BIMTEK PENGELOLAAN WEBSITE DESA DAN APARATUR DESA KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Kurang lebih 60 peserta administrator pengelola website desa, Senin (18/03/2019) mengikuti bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan website di Ruang Merak Tirto Arum Baru Kabupaten Kendal.

Para peserta bimtek menerima tambahan wawasan serta pemahaman perihal sistem informasi desa (SID), yang akan diluncurkan secara resmi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, kira-kira bulan Agustus mendatang.
SID merupakan sistem yang menjadi implementasi dari Undnag-undang Desa Pasal 86 UU no. 6 Tahun 2014. SID merupakan fasilitas untuk warga masyarakat sehingga nantinya mereka akan lebih mudah mengakses hak mereka atas informasi tentang pembangunan desa. Adapun data-data yang ada dalam SID, antara lain meliputi data desa, data pembangunan kawasan pedesaan, hingga data kependudukan dan data-data lain yang berkaitan dengan pembangunan di desa.

Masyarakat sebagai pemangku kepentingan di desa, serta potensi-potensi yang dimiliki desa dan dapat memanfaatkan SID secara optimal untuk mendapatkan hak mereka atas informasi di lingkup desa.
Karena itulah pada kesempatan bimtek ini selain kami berikan materi terkait pengelolaan website desa, juga kami diberikan sekilas informasi perihal SID.

Fungsi dan tujuan SID mempercepat kemandirian desa melalui desa bersuara, desa berteknologi, desa berpelayanan prima, serta desa hebat yang mampu melahirkan regulasi dan tata kelola pemerintahan yang baik serta berkelanjutan.
Semoga Bimtek yang kami terima bisa bermanfaat untuk kita semua dan menjadikan desa-desa menjadi lebih baik dan lebih maju dalam perkembangan informatika di desa.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan