VISI MISI DESA

  • V I S I :

MEMBERDAYAKAN RAKYAT,MEMBANGUN DESA YANG KUAT DARI RAKYAT OLEH RAKYAT DAN UNTUK RAKYAT “

 

Maksud dari Visi tersebut adalah :

Seorang pemimpin harus sadar penuh keberadaan rakyat, kebutuhan rakyat, untuk di berdayakan sehingga fungsi sebagai saudara, teman kerja/patner, warga yang rukun / damai dan inspirasi untuk maju, untuk mewujudkan masyarakat yang terampil berkarya, swadaya, mandiri dan sejahtera.

 

Tanpa kita memfungsikan rakyat ikut bekerjasama dalam menggerakkan pembangunan sebagaimana mestinya desa tidak akan berjalan dan berkembang sesuai dengan tujuan dan cita-cita pembangunan.

 

Dimana sebuah pembangunan tidak akan berjalan tanpa kita mendapat dukungan dan partisipasi dari masyarakat baik matriil maupun spiritual.

 

Dalam visi ini maksud membangun yang kuat yaitu kita membangun desa secara keseluruhan yang berkesinambungan, bagaimana desa kita supaya menjadi handal disegala aspek kehidupan masyarakat.

 

Pengertian kuat disini adalah kokoh bersatu padu, bersama – sama / bahu membahu menggerakkan pembangunan dan roda pemerintahan dengan semboyan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.

 

  • M I S I

MENGEMBALIKAN KEPERCAYAAN RAKYAT, MENGGERAKKAN EKONOMI KERAKYATAN/KOPERASI MELAKSANAKAN DEMOKRASI SERTA MEMBANGUN MASYARAKAT YANG BERNURANI, BERBUDAYA DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA.

Maksud dari Misi tersebut adalah :

 

Bahwa Desa Cening ini dalam pelaksanaan program atau kegiatan tidak berjalan dengan sukses dan berhasil, karena kurangnya kepercayaan rakyat kepada pengemban amanat yaitu Pemerintah Desa yang selama ini belum adanya peningkatan kinerja yang lebih baik.

 

Kemajuan sebuah desa tidak hanya mengandalkan keuletan atau kepandaian seorang pemimpin saja namun kita juga harus mampu menggerakkan roda perekonomian di tingkat paling bawah, menengah, golongan atas sebagai penunjang kemajuan desa. Tatanan ekonomi sebuah desa atau Negara akan kuat apabila system perekonomiannya tertata dengan baik, bertanggung jawab dan dipersatukan melalui koperasi/pemberdayaan ekonomi rakyat mencari lobi ke Bank Rakyat Indonesia ( BRI ) dan PNPM untuk meningkatkan usaha masyarakat dan menanggulangi renternirisasi.

 

Seorang pemimpin harus mampu menggerakkan dan menggali seluruh potensi di wilayah desa. Menjalankan roda pemerintahan yang bersih, jujur, transparan disegala sektor pembangunan di masyarakat dengan pengabdian . Melestarikan budaya tradisional, hidup bergotong royong, kekeluargaan, serta menciptakan masyarakat yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dirindhoi Allah SWT Amien.

 

Facebook Comments